Stramper Kodok atau juga sering disebut dengan Plate Compactor banyak digunakan pada pemasangan paving block, kontruksi jalan raya dan juga pekerjaan konstruksi sipil lainnya. Stamper kodok sendiri telah dirancang sesuai dengan standar industry (road machine). Bertujuan untuk dapat memaksimalkan produktifitas juga kinerja. Alat ini memiliki beberapa tipe yang dapat di sesuaikan dengan kebutuhan pada proyek yang nantinya akan di kerjakan.

Untuk pemasangan paving block press proses kerja yang baik dan benar memang harus melalui pemadatan dengan menggunakan stamper kodok. Kenapa sih harus dilakukan pemadatan lagi setelah dilakukan pemasangan? Dengan adanya proses pemadatan ini, tentunya kita akan mendapatkan permukaan paving block yang lebih rapi dan tidak bergelombang. Selain itu dengan menggunakan alat stamper kodok untuk paving block ini kita dapat mengetahui seberapa jauh kualitas dari paving block nanti akan dapat bertahan.

Akan tetapi ada hal yang juga perlu untuk diingat, ini hanya berlaku untuk sebuah pemasangan paving block press mesin dan akan sangat tidak disarankan untuk melakukan pemadatan dengan menggunakan alat ini pada paving block press manual. Sebab jika itu sampai dilakukan nantinya paving block yang harusnya dipadatkan dengan cara manual tidak akan bisa kuat untuk menahan pemadatan dengan menggunakan mesin.

Macam Alat Berat Untuk Pemadatan jalan

Untuk kalian yang membaca artikel ini mungkin sebagian mengetahui bahwa proses pembuatan jalan pasti diperlukan banyak sekali alat berat, seperti contohnya bulldozer, grader ataupun vibro roller. Oleh karena itu dalam artikel kali ini selain kami akan membahas tentang stamper kodok kami juga akan sedikit membahas tentang beberapa alat berat yang digunakan untuk pemadatan jalan.

Alat-alat untuk pemadatan tanah yang biasa kita lihat di lapangan sangat bermacam-macam bentuknya, ada yang roda besinya bergetar dan berbentuk bulat, ada juga yang berbentuk benjolan dan lain sebagainya. Namun harus anda ketahui juga jika dari bentuk dan juga macamnya yang berbeda tersebut  terdapat fungsi yang beda pula. Pada umumnya pemadatan tanah dilakukan sebagai upaya untuk membuat susunan butiran tanah menjadi lebih rapat dan padat.

Ada beberapa factor yang juga dapat mempengaruhi dalam proses pemadatan, yaitu :

  • Gradasi material yang nantinya akan di padatkan
  • Kadar air dari material tersebut
  • Upaya pemadatan

Proses pemadatan tanah juga bisa dilakukan dengan memberikan suatu getaran, terutama pada partikel-partikel yang kering. Sedangkan pada jenis material yang liat dan mengandung air lebih banyak, proses pemadatan akan dilakukan dengan memberikan tekanan di atasnya. Pada proses pemadatan material yang mengandung partikel halus dan sedikit lembab dapat dilakukan dengan memberikan berat yang tetap, getaran atau juga bisa langsung dengan ke duanya.

Nah oleh karena itu, selanjutnya mari kita bahas sedikit tentang jenis alat berat yang digunakan untuk memadatkan jalan, seperti berikut ini :

  • TAMPING ROLLER

Tamping roller merupakan alat pemadatan tanah yang lempung atau tanah dengan campuran pasir dan lempung. Biasanya alat ini tidak akan digunakan untuk memadatkan dengan butir yang kasar, seperti krikil dan pasir. Tamping roller terdiri dari beberapa drum baja yang berongga yang dilapisi dengan kaki baja yang tegak lurus dengan as. Pada setiap rollernya atau roda mempunyai lebar dan keliling yang berbeda. Metode pemadatan yang di lakukanoleh alat ini adalah sistem “peremasan”.

  • VIBRATOR ROLLER

Ini merupakan alat berat yang sistem kerjanya hanya menggunakan efek getaran dan tentu akan sangat cocok jika digunakan pada jenis tanah pasir atau tanah yang berkerikil. Dengan alat ini, proses pemadatan tanah nantinya akan sangat mudah dilakukan, sebab butir-butir kerikil akan dapat mengisi ke dalam rongga tanah yang kosong. Sistem kerja vibrator roller hampir sama dengan cara kerja tamping roller hanya saja ini sudah di lengkapi dengan vibrator.

  • TREE WHEEL ROLLER

Alat ini merupakan alat penggilas yang memiliki 3 roda. Tree Wheel Roller sendiri adalah alat pemadatan tanah atau penggilas tertua yang pernah ada. Namun sampai saat ini masih banyak digunakan pada pekerjaan pemadatan tanah.  Pada umunya alat ini akan sangat sering digunakan pada proyek pemadatan butir kasar untuk pembuatan jalan dan sejenisnya.

Mesin ini memiliki berat hingga 6 sampai dengan 12 ton, bahkan untuk hasil yang lebih maksimal roda silindernya juga dapat di isi dengan material tambahan seperti minyak, air atau bisa juga dengan pasir.

Kami SARANA MUTU MANDIRI yang bergerak di bidang kontraktor dan alat berat juga menyediakan alat-alat ini secara lengkap. Tidak hanya alat pemadatan tanah saja, anda juga dapat menemukan jenis alat berat lainnya pada tempat kami.  Bahkan kami juga menyediakan layanan servis alat konstruksi untuk mengatasi problem pada alat konstruksi anda.

Tipe Stamper Kodok dan Spesifikasinya

1. Vibratory Plates Wacker Neuson AP 1550R

Vibratory Plates AP 1550 R

Plate Compactor Wacker Neuson

Vibratory Plates Wacker Neuson AP 1550R (15 kN / 500 mm)

Aplikasi

Plate Compator ini membuktikan bahwa kinerja adalah sangat berharga kini Wacker Neuson piring getaran menawarkan fungsionalitas dan kinerja dengan nilai harga terjangkau. Desain tahan dan kuat memungkinkan untuk pemadatan tanah pada area yang tersempit bahkan dalam parit yang sangat sempit. Kini hadir Plate Compator Wacker Neuson AP 1550 R dengan peredam getaran sehingga kerja cepat dan membuat operator tidak cepat lelah.

Keuntungan

  • Plate Compator ini secara optimal cocok untuk berbagai aplikasi Pemadatan Merek Wacker Neuson yang tinggi maju dan manuver sederhana.
  • Dirancang khusus bantalan exciter mengurangi perawatan dan cocok untuk aplikasi aspal panas.
  • Mengangkat ergonomis menangani membuat bongkar muat dari kendaraan transportasi lebih mudah untuk operator.
  • Tangki air kapasitas besar dan pembukaan pengisi lebar pada pelat getaran aspal mengarah ke yang lebih tinggi kenyamanan operator dan meningkatkan produktivitas.
  • Plate Compactor Wacker Neuson tersedia dengan mesin Honda dan mesin Robin.

Spesifikasi Plate Compactor AP 1550 R

  • Weight : 79 Kg
  • Engine : ROBIN
  • Engine Performance : 3.7 kW
  • Width Base Plate : 500 mm
  • Centrifugal Force : 15 kN

2. Vibratory Plates Compactor WACKER NEUSON MP 15

Vibratory Plates MP 15

Plate Compactor
Wacker Neuson MP15

Power 5,6Hp, Centrifugal 15 KN

Vibratory Plate Wacker Neuson ini menawarkan fungsionalitas dan kinerja dengan harga yang sangat berharga. Desain yang kompak memungkinkan pemadatan tanah campuran di ruang sempit – bahkan di parit yang sangat sempit sekalipun. Dengan Teknologi yang mampu meredam getaran.

SPESIFICATION Wacker Neuson MP15

  • Engine : Wacker Neuson, 4 Stroke, Single Cylinder
  • Fuel Used : Gasoline
  • Power : 5.6 HP
  • Operating Weight : 82kg
  • Base Plate Size : 500 x 588 mm
  • Centrifugal Force : 15 KN
  • Fuel Concumption : 1.5 Ltr / Hour

Deskripsi Wacker Neuson MP15

  • Plate Compactor Wacker Neuson MP15 ini secara optimal cocok untuk berbagai aplikasi pemadatan berkat kecepatan tinggi dan kemampuan manuver yang sederhana.
  • Bantalan exciter yang dirancang khusus mengurangi perawatan dan cocok untuk aplikasi aspal panas.
  • Pegangan angkat yang dirancang secara ergonomis membuat bongkar muat dari kendaraan pengangkut menjadi lebih mudah bagi operator.
  • Tangki air di desain standar lapangan, dan menyebabkan kenyamanan operator yang lebih tinggi dan produktivitas yang meningkat selama pekerjaan aspal.
  • Kit roda tersedia secara opsional sebagai aksesori.

3. Vibratory Plates Compactor WACKER NEUSON MPU 29

Vibratory Plates MPU 29 (2)

Technical specifications

Operating data

Operating weight (without water / fuel) 167 kg
Centrifugal force 29 kN
Base plate size (w × l) 500 × 700 mm
Frequency 90 Hz
Advance travel (forward) 13.04 m/min
Gradeability 35 %
Transport height 1,353 mm
Transport length 750 mm
Transport width 575 mm
Shipping weight (including packaging) 178 kg

Engine / Motor

Engine / Motor type Gasoline engine, air cooled, 4 stroke, OHV, single cylinder
Engine / Motor manufacturer Wacker Neuson
Engine / Motor WN9
Displacement 270 cm³
Engine performance (max.) 6.6 kW
at rpm (full throttle) 3,600 rpm
Fuel consumption 1.52 l/h
Tank capacity (fuel) 6.5 l

4. Vibratory Plate Wacker Neuson BPU 3050A

Vibratory Plates BPU 3050A

Vibratory Plate Wacker Neuson
Reversible Vibratory Plates Wacker Neuson BPU 3050A (Bensin)

Reversible Vibratory Plate dibuat untuk tempat kerja yang fleksibilitas

Reversible Vibratory Plates yang ideal untuk pemadatan interlocking batu paving, parit, landscape dan aplikasi kota. Vibratory Plates ini datang dengan unik, roda set terintegrasi yang memberikan kemudahan gerakan satu-orang di sekitar pekerjaan atau toko.

  • Tunggal kontrol arah tuas menyediakan untuk mudah maju dan mundur saat pengoperasian / penggunaan
  • Adjustable panduan pegangan dapat dikunci ke posisi vertikal untuk transportasi mudah dan penyimpanan.
  • Mudah akses kontrol throttle menyederhanakan operasi dan mengurangi kelelahan operator.
  • Heavy duty bingkai memiliki titik sentral mengangkat integral untuk mudah on / off pemuatan dan penempatan piring ke parit.
  • Sistem yang dirancang khusus shockmount menawarkan hampir getaran-bebas panduan pegangan untuk kenyamanan operator dan meningkatkan produktivitas.
Technical specifications   
Operating data   BPU 3050A DPU 3050H
Operating weight  lb 366 385.8
Centrifugal force  lbf 6,744 6,744
Base plate thickness  in 0.4 0.4
Operating width  in 19.7 19.7
Height (without guide handle) in 27.5 29.8
Operating height Adjustable guide handle – Down in 31.5 31.5
Operating height Adjustable guide handle – Up in 45 45
Frequency  Hz 90 90
Advance travel  (depending on soil & environmental factors) ft/min 68.9 68.9
Surface capacity  (depending on soil & environmental factors) ft²/h 6,781 6,781
Gradeability  (depending on soil & environmental factors) % 30 30

Engine / Motor  
Engine / Motor type  Air-Cooled, Single Cylinder 4-cycle engine Air-Cooled, Single Cylinder 4-cycle engine
Engine / Motor manufacturer  Honda Hatz
Engine / Motor  GX270 1B30
Displacement  in³ 16.47 16.47
Operating performance (DIN ISO 3046) hp 9 6.8
at rpm  rpm 3,600 3,600
Fuel consumption  US gal/h 3 0.15
Tank capacity Fuel US qt 5.3 5.3
Power transmission  From drive motor via centrifugal clutch and V-belt direct to exciter. From drive motor via centrifugal clutch and V-belt direct to exciter.
Fuel type  Gasoline Diesel

Bagi Anda yang ingin memesan produk Stamper Kodok/Vibratory Plates silahkan hubungi kami di bawah ini:

Contact Info & Pemesanan:

OFFICE
Ruko Citra 7, Extension Blok A 08/10. Jakarta Barat. Indonesia
WAREHOUSE
Jl Joglo Raya No 79. Jakarta Barat. Indonesia
PHONE
(021) 2568 4565
WEBSITE
EMAIL
info@saranamutu.co.id