Setapak Mengenal Lebih Dekat Pondasi Cakar Ayam Asli Indonesia

Berbagai pihak yang banyak bergelut di bidang bangunan mungkin sudah banyak mengenal tentang pondasi cakar ayam. Memang pondasi yang satu ini cukup legendaris dan dapat diaplikasikan di banyak kondisi. Namun, mungkin banyak juga yang belum mengetahui apa itu pondasi cakar ayam.

Untuk itu di sini akan dijelaskan lebih lanjut mengenai pondasi cakar ayam. Tidak hanya kelebihan dan kekuarangannya, tetapi juga akan dijelaskan mengenai pondasi cakar ayam secara umum. Yuk simak lebih lengkap di bawah ini.

Apa Itu Pondasi Cakar Ayam?

Dalam pembuatan bangunan ada banyak metode teknik yang digunakan untuk membangun suatu pondasi. Biasanya pemilihan metode tersebut disesuaikan dengan kondisi dari lingkungan tempat bangunan akan dibangun. Di antara sekian banyak model pondasi ada yang disebut sebagai pondasi cakar ayam.

Ia merupakan sebuah rekayasa teknik yang digunakan saat proses pembuatan sebuah pondasi bangunan. Namanya sendiri merepresentasikan bentuk dari pondasi tersebut, yaitu mirip cakar ayam. Pada bagian bawah pondasi hadir pipa-pipa beton berisi beton padat hasil proses pemadatan menggunakan vibrator beton terbaik.

Baca juga : Mengenal Pola Pengerjaan yang Wajib Diikuti Saat Memperhitungkan Rancangan Kerangka Beton

Pipa-pipa beton tersebut bentuknya hampir menyerupai cakar ayam yang nantinya digunakan ‘mencengkeram’ tanah dengan dengan kuat supaya bangunannya menjadi lebih kokoh. Ada banyak yang memilih menggunakan pondasi cakar ayam karena merasa memiliki hasil yang terjamin jika dibandingkan jenis pondasi yang lainnya.

Kelebihan Pondasi Cakar Ayam

Pondasi cakar ayam memiliki sejarah panjang, di samping itu ia juga memiliki banyak kelebihan yang tidak dipunyai pondasi lainnya. Apa saja kelebihan dari pondasi cakar ayam? Berikut adalah beberapa di antaranya.

  • Pondasi cakar ayam dapat diterapkan di lingkungan yang dirasa kurang kokoh.Inilah yang sebenarnya menjadi tujuan awal penggunaan pondasi cakar ayam, untuk menyangga bangunan yang berdiri di atas tanah kurang kokoh. Hanya saja harus dipastikan rangka pondasinya kuat dan diisi dengan beton padat. Untuk masalah pemadatan beton ini gunakan vibrator beton yang terpercaya.
  • Dalam pembuatan pondasi ini tidak perlu digunakan sistem drainase.Pasalnya ia digunakan dari material beton padat yang begitu kuat sampai tidak menyisakan ruang untuk masalah drainase.
  • Bangunan yang menggunakan pondasi cakar ayam juga dipercaya lebih kokoh jika dibandingkan bangunan lain. Bahkan meskipun bangunan tersebut dibangun di atas tanah yang kurang stabil. Untuk memastikan pondasi dapat menjadi lebih kokoh diperlukan pengaplikasian beton padat pada keseluruhan rangka pondasi. Lakukan pemadatan dengan vibrator beton yang terbaik agar hasilnya memuaskan.

Kekurangan Pondasi Cakar Ayam

Ternyata selain memiliki kelebihan, pondasi cakar ayam juga memiliki beberapa kekurangan. Hal ini harus diperhatikan para pihak yang akan menggunakan pondasi cakar ayam. Ada kekurangan apa saja yang hadir? Berikut ini adalah beberapa di antaranya.

  • Pembuatan dari pondasi cakar ayam lebih rumit jika dibandingkan jenis pondasi lainnya. Hal ini seringkali berpengaruh terhadap waktu pengerjaan proyek tersebut. Namun, memang hasil yang diberikan dari pondasi ini sudah terjamin.
  • Bagi yang memiliki budget terbatas nampaknya harus mengeliminasi pondasi ini dari daftar. Pasalnya biaya yang dibutuhkan untuk melakukan pengerjaan pondasi lebih mahal daripada jenis pondasi lainnya. Pasalnya ada banyak bahan serta alat canggih yang dibutuhkan untuk pengerjaan pondasi ini.
  • Sejarah awal pondasi ini hadir untuk bangunan bertingkat (atau bangunan tinggi). Hal ini membuat rangka cakar ayam menjadi tidak cocok ketika diaplikasikan ke bangunan kecil. Jadi untuk bangunan kecil pilih opsi pondasi lain yang dirasa lebih terjangkau namun memiliki kualitas yang tak kalah mumpuni.

Itulah beberapa hal seputar pondasi cakar ayam yang harus dimengerti oleh penggunanya. Secara keseluruhan fokus utama dari rangka cakar ayam ini adalah ‘cengkraman’ rangkanya yang diisi oleh beton padat. Berbagai alat dan bahan diperlukan untuk memastikan hasil dari pondasi ini. Mulai dari rangka besi yang sesuai sampai vibrator beton untuk memadatkan beton yang digunakan pada pondasi ini.