Rupanya Inilah Pentingnya Menggunakan Vibrator Beton

Beton dinilai sebagai bahan bangunan yang memiliki kekuatan cukup bagus. Untuk mendapat beton dengan kekuatan yang bagus maka proses pengaplikasian beton dalam bangunan pun harus diperhatikan dengan baik. Salah satunya adalah dengan memperhatikan masalah pengecoran beton.

Biasanya proses pengecoran beton yang baik membutuhkan bantuan beberapa alat, salah satunya vibrator beton. Kehadiran mesin yang satu ini dinilai cukup sentral untuk menghasilkan bangunan beton dengan kualitas terbaik. Apa itu vibrator untuk beton dan mengapa ia memiliki peran sentral bagi pengecoran akan dibahas lebih lanjut di bawah ini.

Apa Itu Vibrator Beton?

Selama ini mungkin istilah vibrator beton cukup familiar bagi yang biasa bergelut di bidang konstruksi. Namun, untuk orang awam istilah ini masih jarang ditemukan. Untuk itu, kali ini akan dibahas lebih dahulu mengenai apa itu vibrator untuk beton.

Jadi vibrator untuk beton adalah alat yang digunakan ketika proses pengecoran berlangsung. Alat ini memiliki fungsi untuk membuat beton yang otomatis hasilkan konstruksi bangunan menjadi kokoh . Secara umum vibrator ini memiliki tiga bagian sentral. Berikut adalah bagian-bagiannya.

  • Bagian mesin yang digunakan untuk menghasilkan getaran.
  • Selang yang nantinya digunakan menghantarkan getaran yang hadir dari mesin.
  • Kepala vibrator yang dimasukkan ke dalam beton. Biasanya kepala vibrator ini terbuat dari silinder baja. Untuk ukurannya sendiri menyerupai gagang tongkat baseball.

Secara umum mesin vibrator hadir dengan tiga jenis getaran. Untuk getaran yang pertama adalah getaran profil sinus sapuan. Lalu getaran kedua adalah getaran acak sedangkan getaran ketiga adalah disintetis kejutan.

Mengapa Vibrator Penting Digunakan Dalam Pengecoran Beton?

Tadi kita sudah mengenal sekilas mengenai vibrator sekarang saatnya memahami mengapa vibrator penting digunakan dalam pengecoran. Ada banyak alasan yang mendasari hal ini. Berikut ini adalah beberapa di antaranya.

1. Membuat Beton Menjadi Lebih Padat

Salah satu alasan penggunaan mesin vibrator ini adalah untuk memastikan beton menjadi lebih padat. Beton yang padat tentu menjadi lebih kuat jika dibandingkan beton yang kurang padat. Kepadatan beton menjadi suatu hal yang penting dalam proses konstruksi.

Kebutuhan kepadatan beton biasanya berbeda-beda tergantung jenis bangunan. Hal ini juga berpengaruh terhadap ukuran vibrator yang digunakan. Selain ukuran vibrator, jumlah alat juga berpengaruh terhadap kemampuan vibrator untuk mencapai kepadatan tertentu dalam waktu yang telah ditentukan. Misalkan saja untuk mencapai kepadatan sekian dalam waktu sekian jam diperlukan sebanyak 4 alat vibrator.

2. Mengeluarkan Udara yang Terjebak di Dalam Campuran Beton

Seringkali di dalam campuran beton sebelum dituangkan ada gelembung-gelembung udara yang terjebak. Hal ini patut diwaspadai karena menyebabkan beton menjadi tidak kuat. Untuk itulah diperlukan vibrator yang getarannya dapat membantu mengeluarkan gelembung udara yang ada di dalam campuran beton tersebut. Keluarnya gelembung-gelembung tersebut dapat membantu membuat kekuatan beton menjadi lebih merata.

3. Mencegah Beton Menjadi Keropos

Apabila gelembung udara (seperti yang dibahas pada poin 2) dibiarkan berada di dalam beton, maka besar kemungkinan terbentuk beton yang keropos. Beton keropos ini maksudnya adalah adanya lubang-lubang di dalam beton yang awalnya berisi gelembung udara tersebut. Hal ini berpengaruh besar terhadap tingkat kekuatan beton. Bahkan kekuatan beton pun menjadi tidak merata karena ada bagian yang keropos dan ada bagian yang tidak mengalami keropos.

Ada banyak manfaat yang hadir dari penggunaan vibrator beton. Ketiga manfaat di atas adalah sedikit di antara berbagai manfaat lain yang hadir. Jadi tentu sudah tidak ragu lagi saat akan menggunakan vibrator dalam proses pengecoran beton, bukan?