Perawatan Vibrator Beton Agar Tetap Miliki Performa Baik – Dalam sebuah pembangunan konstruksi, menggunakan alat adalah hal yang paling penting terlebih jika ingin membangun sebuah konstruksi besar yang tentu saja membutuhkan alat berat untuk menanganinya. Dalam proyek konstruksi dengan skala besar seperti flyover, jembatan ataupun aspal biasanya membutuhkan sebuah alat yang bernama vibrator mesin. Alat yang satu ini sendiri digunakan untuk mencetak beton dengan cara memasukan adonan bahan beton pada alat ini, lalu beton dimasukan ke dalam cetakan beton dengan cara digetarkan.

Tips Sederhana Untuk Perawatan Vibrator Beton Agar Tetap Miliki Performa Baik

Getaran ini berfungsi untuk mengeluarkan angin dan udara dari adonan yang akan dibentuk menjadi beton supaya beton tidak berongga dan menghindari kualitas buruk pada bahan fondasi tersebut. Sama seperti jenis alat konstruksi lainnya, alat ini juga membutuhkan perawatan khusus, di mana alat vibrator internal dan external ini harus dalam kondisi yang baik agar menghasilkan adonan beton yang kuat.

Cara Merawat Vibrator Beton Agar Awet

Merawat alat vibrator beton sendiri sebenarnya sangatlah mudah, jika Anda mengetahui caranya. Di bawah ini akan dijelaskan beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk menjaga kondisi alat vibrator beton ini. Berikut adalah caranya :

1. Mengecek dan merservice alat secara berkala

Cara yang pertama untuk merawat bagian dari vibrator internal dan external adalah dengan melakukan pengecekan dan service alat secara berkala. Dengan melakukan pengecekan ini, tentu saja kerusakan sekecil apapun akan terlihat, sehingga Anda dapat melakukan perbaikan secepat mungkin. Dengan melakukan cara ini tentu saja alat vibrator beton dapat bertahan lama.

2. Selalu tutup kepala mesin

Cara selanjutnya adalah dengan selalu memperhatikan apakah kepala mesin sudah tertutup dengan rapat atau belum. Hal ini sendiri dimaksudkan agar mesin tidak kemasukan air, karena jika mesin sudah kemasukan air walau sedikit mesin akan cepat rusak.

3. Perhatikan selang mesin

Pada alat vibrator beton ini terdapat selang yang berguna untuk menyalurkan getaran pada mesin vibrator internal dan external. Selang ini jika rusak, tentu saja tidak akan memberikan getaran yang dibutuhkan agar angin ataupun udara keluar dari adonan beton. Maka dari itu, Anda harus dapat memastikan kebersihan selang ini agar berfungsi dengan baik. Selain itu, jangan pernah menggulung selang karena ini dapat membuat poros selang menjadi rusak dan tidak akan berfungsi sama sekali.

4. Letakan vibratror beton di tempat yang bersih

Tidak hanya air saja yang dapat merusak mesin, debu pun dapat membuat kinerja alat vibrator beton ini menjadi rusak. Ada baiknya Anda menyimpan alat ini di tempat yang bersih dengan suhu ruangan yang normal. Hal ini sendiri bertujuan untuk menjaga mesin agar dapat terlindung dari kotoran yang bisa saja membuat mesin berhenti beroperasi. Tentu saja hal ini sangatlah dihindari karena mesin ini sangat penting sekali fungsinya dalam pembuatan beton.

5. Tutup alat dengan kain saat tidak dipakai

Selanjutnya untuk tetap membuat alat vibrator mesin befungsi dengan baik dengan cara menutup alat dengan kain penutup. Hal ini sendiri untuk menjaga kebersihan mesin yang terbilang sensitive dari segala macam bentuk kotoran maupun debu. Dengan menutup mesin dengan kain, maka Anda telah melindungi bagian mesin vibrator internal dan external.

Itu adalah cara perawatan sederhana yang bisa Anda lakukan untuk tetap menjaga alat vibrator beton dalam kondisi yang prima. Cara tersebut tentu saja merupakan cara yang sangat disarankan agar mesin dapat berfungsi dengan baik dan juga tidak mudah rusak.