pekerjaan-pembetonan-lebih-praktis-dengan-mesin-trowel

Sektor konstruksi turut berkembang seiring kemajuan teknologi. Sekarang sudah banyak beredar alat – alat kontruksi di pasaran yang dapat menjadikan segala pekerjaan pembangunan menjadi lebih mudah dan cepat terselesaikan. Tak ayal semakin banyak orang – orang terutama yang menggerakan bisnis di bidang ini membutuhkan alat – alat tersebut. Ikut menjadi salah satu tempat untuk memenuhi kebutuhan mereka, Sarana Mutu Mandiri hanya menjual perlatan atau mesin berkualitas. Disertai dengan layanan purna jual yang maksimal kami adalah partner terbaik bagi anda untuk mendapatkan alat konstruksi yang sedang anda butuhkan saat ini.

Peralatan serta mesin – mesin pada pekerjaan konstruksi cukup banyak jenisnya. Adapun kehadiran aneka alat yang begitu beragam tersebut dilatarbelakangi oleh tahap – tahap pekerjaan yang berbeda. Sebagai contoh diantaranya ada proses pemadatan tanah, pembentukan rangka, pengecoran, dan lain – lain.

Mengenal Mesin Trowel Pengganti Screed Manual

Salah satu alat yang kami tawarkan disni adalah mesin trowel. Bagi anda yang belum pernah terjun cukup dalam di dunia perkonstruksian tentu masih asing dengannya. Namun sebetulnya fungsi dari mesin ini sudah bisa memberi anda gambaran seperti apa mesin ini bekerja. Nah, untuk fungsinya sendiri adalah untuk meratakan permukaan beton selama proses pengerasan.

Jika dikerjakan tanpa bantuan mesin alias dengan tenaga manusia maka alat sederhana yang umum dipakai para tukang adalah sebuah screed. Screed lazim terbuat dari bahan balok kayu dengan satu sisi yang dibuat benar – benar rata sehingga sisi tersebut dapat meratakan permukaan cor dengan baik.

Meski demikian anda jangan membayangkan mesin trowel pada satu bagiannya terdapat balok panjang layaknya sebuah screed. Bentuk dari mesin ini terdiri dari pegangan kendali, motor penggerak, dudukan motor, dan blade trowel. Pegangan kendali menyatu dengan dudukan motor sehingga dua bagian inilah yang menjadi sasis utama. Sedangkan motor penggerak dan blade trowel masing – masing dipasang pada sasis utama sesuai tempatnya. Untuk motor tentu sudah jelas ada kedudukannya sendiri, sementara blade atau bisa juga disebut daun trowel dipasang pada poros berputar yang digerakan oleh motor.

Terdapat pula bagian pelengkap berupa sangkar di sekeliling blade. Fungsinya adalah sebagai pengaman sebab blade yang berputar bisa memberi resiko keselamatan bagi sang operator mesin dan orang – orang di dekatnya. Kurang lebih daun trowel memiliki diameter sekitar 90 cm. Oleh sebab itulah gagang kendali dibuat cukup berjarak dari bagian ini. Demi menghindari hal – hal yang tak diinginkan, bekerja dengan mesin ini mengharuskan para tukang melengkapi dirinya dengan atribut K3 meliputi sepatu safety, kacamata safety, baju proyek, celana panjang berbahan Jeans, sarung tangan, dan tak ketinggalan sebuah helm. Dengan begitu maka resiko terjadinya dampak buruk bisa diminimalisir.

Bekerja Lebih Praktis Dengan Mesin Trowel

Dibanding dengan mengerjakan proses perataan beton secara manual menggunakan balok screed, memakai trowel yang ditenagai oleh mesin jelas lebih praktis. Hasil pekerjaan yang didapatkan pun lebih memuaskan. Bicara soal hasil memang teknik manual juga masih memungkinkan memberi hasil terbaik. Hanya saja durasi waktu pekerjaan bisa dipastikan lebih lama lagi. Berbeda kala sebuah mesin trowel dimanfaatkan. Dengan hasil sempurna pekerjaan dapat selesai dalam waktu singkat. Otomatis pihak kontraktor bisa lebh produktif lagi.

Kecepatan kerja menggunakan mesin ini berasal dari kemampuan motor yang bisa berputar hingga level 100 rpm. Dari situlah tidak butuh waktu lama untuk meratakan adukan cor di bawahnya. Pekerja bisa mengoperasikan mesin tersebut dengan membawanya berjalan mundur menggunakan irama langkah kaki yang konstan.

Bagian blade bisa disesuaikan sudut kemiringanya sehingga meskipun permukaan beton sudah cukup mengeras anda tetap bisa meratakan beton sekaligus memperhalus permukaannya. Bahkan selain pada beton juga bisa digunakan pada permukaan material batuan keras, contohnya bahan adhesit pada lantai.

Mampu menghasilkan beton yang rapi, kuat, dan sangat padat dengan cepat dan hemat tenaga, mesin ini sangat cocok dipakai saat sedang membuat lantai di area luas seperti pabrik, lapangan olah raga, area parkir, dan ruang logistik.

Itulah artikel seputar mesin trowel yang dapat kami sajikan untuk anda kali ini. Semoga bisa menambah wawasan anda. Nantikan update artikel produk kami selanjutnya dan jangan lupa miliki alat – alat konstruksi dari Saranamutu.co.id khususnya bagi anda para kontraktor bangunan.