Pada sebuah proyek pembangunan atau biasa disebut dengan pekerjaan konstruksi tentu ada banyak sekali jenis mesin dan alat berat digunakan. Dari banyaknya mesin dan alat tentu akan disesuaikan dengan setiap jenis pekerjaannya.

Seperti salah satunya adalah mesin stamper. Mesin ini merupakan alat khusus yang digunakan pada proses pemadatan tanah, entah pada proyek pembangunan jalan ataupun bangunan.

Alat pemadatan tanah menjadi alat yang sudah seharusnya ada dalam sebuah proyek konstruksi. Selain untuk mempermudah pekerjaan, adanya alat ini bertujuan untuk bisa menyempurnakan hasil dari konstruksi.

Dan salah satu merk mesin stamper yang akan kita bahas kali ini adalah mesin stamper merk Wacker Neuson.  Untuk sekedar informasi, mesin ini merupakan salah satu mesin pemadat tanah yang memang sudah menajdi andalah para pekerja konstruksi.

Mengenal Mesin Stamper

Mesin ini mempunyai kualitas yang sudah pasti dapat diandalkan dan bisa dikatakan stamper merk Wacker Neuson DS 70 ini termasuk dalam kategori kualitas kelas premium.

Selain itu tipe mesin stamper ada beberapa jenis dan tipe lain diantaranya adalah Yanmar L48 Diesel, Honda GX Series dan Robin E Series. Di Indonesia sendiri tipe yang paling banyak digunakan adalah tipe Honda GX Series.

Spesifikasi Stamper Wacker Neuson DS 70

Dengan dilengkapi kekuatan daya mulai dari 2,8 Hp sampai dengan 4,8 Hp, alat ini sangatlah cocok untuk memaksimalkan setiap pekerjaan pemadatan tanah maupun material timbunan lainnya.  Tidak hanya itu saja, mesin ini juga didukung dengan power Jumping Stroke dari 50 sampai 85 mm.

Dengan performa luar biasa sudah tidak diragukan jika mesin ini dapat meratakan  segala jenis medan  secara mudah.

Baca Juga: Penggunaan Bar Cutter Dan Bar Bender Pada Projek Konstruksi

Tidak hanya produk mesin stamper, Wacker juga mengeluarkan beberapa jenis alat berat lainnya seperti mesin vibrator, mesin perata aspal, mesin pemotong aspal, mesin penghancur aspal dan mesin perata semen.

Itu adalah sebagian kecil dari produk Wacker yang biasanya digunakan pada sebah proyek konstruksi, tentu masih ada banyak jenis lainnya yang juga dimiliki oleh Wacker ini, khususnya pada bidang konstruksi.

Berikut spesifikasi dan bagian-bagian dari mesin stamper merk Wacker Neuson DS 70, yaitu :

Wacker Neuson DS 70

Tipe Mesin Power

( HP )

Berat

( KG )

Impact Force ( kN ) Jumping Stroke ( MM ) Tangki Bahan Bakar ( L ) Ukuran

Besar ( MM )

Wacker Neuson 2.4 83 10.7 47-50 4.2 330×330
Robin EH-09 2.1 60 10.7 50-58 2.8 335×265
Honda GX100 2.2 68 12.8 40-48 2.8 350×285
  • Stand Pegangan dan Pengarah

Stand Pegangan dan Pengarah

Bagian ini berada paling atas yang mana fungsinya adalah sebagai pegangan dan pengarah dari jalannya mesin ( maju/mundur ). Untuk membuat nyaman para penggunanya pegangan ini biasanya akan dilapisi material berupa rubber ( karet ).

  • Bagian Mesin

Bagian Mesin

Ini merupakan sumber tenaga yang nantinya dihasilkan untuk dapat menggerakan plat secara vertical ke atas dan ke bawah.

  • Bagian Kaki Hentak

Bagian Kaki Hentak

Pada bagian ini berfungsi untuk melajutkan gerakan yang dihasilkan mesin ke bagian plat Tumbuk dengan dilengkapi sebuah benda pegas ( Per Pegas ).

  • Bagian Plat Tumbuk

Bagian Plat Tumbuk

Plat Tumbuk merupkan bagian paling dasar ( bawah ) yang ada pada alat ini. Fungsinya adalah untuk meratakan tanah atau beton di bagian permukaan.

  • Bagian Tangki

Bagian Tangki

Ini adalah tempat untuk menyimpan bahan bakar yang dibutuhkan oleh mesin. Posisinya berada tepat diatas mesin dan berdekatan dengan stand pegangan.

  • Bagian Tombol ON OFF

Bagian Tombol ON OFF

Tombol ini digunakan ketika mesin akan dihidupkan dan dimatikan. Biasanya tombol ini berada pada bagian dekat tangki ( bagian atas ) agar mudah dalam pengoprasiannya.