Pasti Anda tidak asing bukan jika mendengar istilah beton? Apalagi jika Anda belajar dan mendalami ilmu sipil, bangunan atau arsitek. Tentu beton sudah sudah menjadi bagian dari materi pembelajaran yang mutlak Anda ketahui. Nah, untuk orang awam yang belum mengerti apa sih sebenarnya pengertian yang benar dari beton? Beton merupakan salah satu bagian konstruksi yang sangat mempengaruhi kekuatan dari suatu banguan. Sehingga jika beton yang digunakan mempunyai kekuatan daya tekan yang kuat, maka bangunan yang dibangun juga memiliki kekuatan yang sama kuat juga dan membuat bangunan tersebut kokoh. Bangunan tersebut meliputi bangunan gedung, rumah, jembatan, jalan, dan lain-lain.

 

Inilah Kriteria Beton yang Kuat dan Mampu Tahan Bertahun - Tahun!

Kriteria Beton yang Kuat dan Peran Vibrator Beton

Beton terbuat dari adukan antara pasir (agregat halus), kerikil (agregat kasar), air, cement portland atau cement hidrolic, dan bahan additif yang bersifat kimiawi atau fisikal. Dari berbagai bahan pembentuk beton tersebut, setiap bahan mempunyai Standar Nasional untuk proporsi dan takaran dengan perbandingan yang berbeda yaitu sesuai dengan tujuan bangunan yang akan akan dibangun menggunakan beton. Sehingga dengan menggunakan takaran dan perbandingan yang tepat dan benar sesuai dengan Standar Nasional yang digunakan, maka akan membuat hasil adukan beton segar dan menghasilkan beton yang keras dan kuat tahan lama. Untuk mendapatkan beton yang lebih bagus dan tahan lama Anda bisa menggunakan vibrator beton terlaris yang ada dipasaran sehingga hasil beton lebih terjamin kualitasnya.

 

Inilah Kriteria Beton yang Kuat dan Mampu Tahan Bertahun - Tahun!

Vibrator beton adalah sebuah alat atau mesin yang digunakan untuk proses pengecoran dan berfungsi untuk pemadatan beton pada saat beton dituangkan ke dalam bekisting melalui getaran mesin yang dihasilkan. Dengan menggunakan alat ini, maka kandungan udara dalam air dapat dikeluarkan melalui gelembung beton. Sehingga, dapat menghasilkan pengecoran yang padat dan merata. Sekaligus menghasilkan hasil akhir beton yang keras, padat, dan kedap air. Selain itu ada beberapa kriteria beton untuk menghasilkan beton yang kuat, antara lain sebagai berikut :

1. Kedap air yaitu tidak berpori, sehingga beton memiliki daya tahan tekan yang kuat sekaligus tidak mudah retak akibat permukaan beton yang berpori dan menyerap air.

2. Beton padat dan dan tidak cacat, karena jika mendapatkan hasil beton yang cacat tentu akan membuat beton tersebut mudah keropos atau rusak akibat cuaca atau benturan sesuatu.

3. Beton memiliki daya tahan yang baik, daya tahan beton yang dihasilkan meliputi ketahan beton beton terhadap perubahan cuaca maupun suhu dan ketahan terhadap beban yang ditumpu oleh beton itu sendiri.

 

Inilah Kriteria Beton yang Kuat dan Mampu Tahan Bertahun - Tahun!

Dengan penggunaan vibrator beton ini, maka beton yang akan dihasilkan memiliki kekuatan dan ketahan yang bagus. Dengan beton yang kuat akan menghasilkan bangunan yang kuat pula. Sehingga dengan kekuatan tersebut, bangunan menjadi kokoh dan aman untuk ditempati dalam jangka waktu lama. Jadi Anda tidak perlu khawatir akan keselamatan Anda jika berada dalam bangunan tersebut karena sudah teruji daya dan ketahan beton yang dihasilkan.

Baca juga :  5 Vibrator Beton Terlaris yang Dijual di Pasar Indonesia

Selain itu, Anda juga perlu tahu bagaimana cara menggunakan vibrator beton yang baik dan benar yaitu dengan mengikuti petunjuk penggunaan yang telah tercantum dalam buku petunjuk penggunaan. Anda juga perlu tahu cara perawatan dan penyimpanan yang benar, sehingga peralatan yang Anda miliki dapat dipakai berulang kali dan dapat digunakan setiap kali Anda membutuhkan. Jadi, Anda bisa menghemat budget karena tidak perlu membeli alat ini lagi setiap kali membangun bangunan yang mana harga alat ini terbilang cukup mahal. Tapi tentu saja apa yang Anda keluarkan untuk mendapatkan alat ini sebanding dengan fungsi yang bisa anda dapatkan sebagai manfaatnya.