fungsi-dan-kapasitas-vibro-roller-di-bidang-konstruksi

Berbagai alat berat tentu sangat dibutuhkan di bidang konstruksi untuk membantu para kontraktor dalam berbagai proses pekerjaan di dunia konstruksi. Salah satu dari keluarga alat berat yang keberadaannya sangat penting ialah vibro roller. Ini adalah sebuah alat untuk memadatkan tanah yang dilengkapi  dengan vibrator (getaran).

Dengan getaran tersebut akan menghasilkan gaya tekan keatas pada tanah yang dilalui, dengan demikian kerikil ataupun tanah akan menjadi padat dan siap menjadi area pembangunan.

Vibra roller memiliki 2 jenis yakni single drum dan double drum. Perlu anda ketahui bahwa kedua  jenis alat tersebut memiliki perbedaan. Pada single drum memiliki satu silinder sedangkan double drum terdapat dua silinder serta memiliki tekanan yang jauh lebih berat ketimbang single drum.

Sebagian besar perusahaan jasa bangunan dan kontraktor selalu menggunakan alat berat tersebut untuk memudahkan dalam proses pengkondisian lahan. Supaya alat tersebut awet serta anggaran perawatan jadi lebih hemat pada saat memakainya harus sesuai dengan SOP (Standar Operasional Prosedur) yang baik dan benar.

Berikut ini beberapa fungsi vibro roller untuk pekerjaan konstruksi, antara lain:

  1. Untuk memadatkan dan meratakan struktur permukaan tanah supaya lebih kuat menyangga berbagai beban diatasnya.
  1. Sebagai pencegah dari berbagai tumpukan kotoran yang disebabkan oleh debu dan batuan kerikil yang terdapat di permukaan tanah.
  2. Sebagai pembasah area atau medan yang sangat efektif supaya debu-debu tidak beterbangan. Pada alat tersebut memiliki kapasitas tangki air sebanyak 25 liter.
  3. Sebagai media penggilas pada aspal beton pada pembangunan jalan raya sehingga akan lebih rata dan kuat yang siap dilewati oleh kendaraan-kendaraan besar.

Kapasitas Vibro Roller

Berbicara soal kapasitas yang akan kita bahas tentu saja terkait kemampuan alat ini ketika dimanfaatkan pada kondisi pekerjaan pemadatan yang bebeda-beda. Perbedaan kondisi ini sebenanrnya ditentukan oleh  ketebalan lapisan yang akan dipadatkan.

Kapasitas vibrator roller pada pemadatan lapisan tanah mampu memberikan produktivitas terbaiknya pada ketebalan mulai dari 20 cm hingga 122 cm.  Berbeda ketika dipakai untuk memadatkan lapisan yang tersusun dari material bebatuan. Disini kapasitas mesin tersebut dapat efektif digunakan hingga ketebalan lapisan mencapai 210 cm.

Melihat kemampuannya untuk memadatkan dua material yang berbeda tersebut bisa disimpulkan bahwa kapasitas alat ini juga tergantung pada jenis material penyusun lapisan.

Namun masih ada lagi yang perlu digarisbawahi bahwa selain dua hal diatas, bobot alat itu sendiri juga menentukan kapasitasnya.

Tahapan Pengoperasian Vibro Roller

Setelah anda mengetahui fungsi  vibro roller berikut ini  berbagai tahapan dalam mengoperasikan alat  tersebut, antara lain :

  1. Langkah awal adalah mengatur tuas gas pada posisi minimum agar tarikan gas tersebut tak terlalu kencang saat mesin mulai dijalankan.
  2. Buka katup bahan bakar supaya bakan bakar yang ada di dalam tangki tersebut dapat turun ke mesin.
  3. Lalu putar kunci di posisi on untuk menyalakan mesin
  4. Kemudian tariklah tuas untuk dapat menghidupkan mesin, berikutnya adalah setelah mesin sudah nyala maka yang harus dilakukan ialah pemanasan mesin selama 5 sampai 10 menit agar jalannya oli pada mesin dapat merata.
  5. Ketika mesin sudah siap maka anda pun dapat mengatur tuas gas tersebut sesuai dengan keinginan dan kebutuhan.
  6. Gunakan batang kemudi pada mesin untuk memudahkan mengarahkan mesin dalam proses pemadatan tanah.