Dalam mengerjakan konstruksi bangunan, tentu saja memerlukan banyak mesin untuk membantu pekerjaan agar selesai dengan baik dan rapih. Salah satunya adalah bantuan dari mesin trowel yaitu mesin yang sengaja dirancang khusus untuk meratakan dan menghaluskan permukaan beton terkhusus yang sedang dalam proses pengerasan.

Membersihkan Mesin Trowel

Kehadiran mesin ini menjadi sangat penting sekali karena selain menciptakan permukaan yang halus dan rata, juga mencegah adanya rongga udara yang kerap membuat beton rapuh dan tidak tahan lama.

Selain itu masih ada keuntungan lain saat menggunakan mesin perata dan penghalus beton ini, di antaranya:

  1. Dapat mencegah adanya rongga udara pada beton sehingga tidak rapuh dan tahan lama.
  2. Beton menjadi rata dengan maksimal.
  3. Dapat juga digunakan untuk membuat profil dinding.
  4. Material baja pada mesin dapat memberi kehalusan yang maksimal pada permukaan beton.
  5. Waktu yang digunakan untuk meratakan beton dengan adanya mesin dapat menjadi lebih efisien.

Fungsi lain selain untuk meratakan dan menghaluskan beton, mesin ini juga berfungsi untuk:

  1. Merekatkan ubin.
  2. Merekatkan beton yang belum kering.
  3. Untuk mencegah popping.
  4. Menjadi pengganti roskam.

Cara kerja mesin ini pada perataan dan penghalusan beton yaitu terbagi ke dalam dua tahap yaitu penghalusan awal dan penghalusan akhir. Penghalusan awal dilakukan saat beton sudah disiapkan dan dituang pada permukaan tanah. Penghalusan awal dilakukan sesegera mungkin saat beton mulai mengeras, kemudian mesin dihidupkan dengan menghidupkan putaran halus pada sudut rendah. Setelah itu lanjut ke penghalusan akhir di mana mesin diputar dengan kuat agar hasil yang didapatkan halus dan rata maksimal. Penghalusan akhir dilakukan saat beton benar-benar mulai mengeras.

Cara Membersihkan dan Merawat Mesin Trowel

Mesin penghalus beton ini dalam penggunaannya tentu saja harus dibersihkan dan dirawat dengan baik agar mesinnya dapat bertahan lama. Adapun cara membersihkannya antara lain:

1. Bersihkan dengan air.

Bersihkan mesin dengan air saat setelah digunakan sebelum sisa-sisa beton pada mesin mengeras karena akan sulit dibersihkan.  Saat membersihkannya usahakan jangan hanya dikucurkan air, tapi sekaligus digosok menggunakan spons tertentu untuk memastikan agar benar-benar tidak ada sisa beton.

Saat membersihkan mesin, usahakan bagian mesin tidak terlalu banyak terkena air karena dapat menimbulkan kerusakan pada mesin.

2. Keringkan.

Setelah dibersihkan menggunakan air keringkan menggunakan panas matahari langsung sampai benar-benar kering. Dalam proses pengeringan Anda dapat mengolesinya dengan minyak khusunya oli di beberapa titik tertentu agar mesin tetap lancar saat digunakan.

3. Simpan.

Setelah itu simpan mesin dengan benar, hindari tempat yang lembab dan tertutup. Hal ini dikarenakan bahan penyusun mesin adalah bahan yang mudah berkarat maka harus disimpan di ruang yang tepat. Karena jika tidak dan mesin sampai berkarat, hasil terhadap beton pun akan jelek dan tidak maksimal.

Baca juga: 5 Tips Sederhana Merawat Vibrator Beton Agar Selalu Terjaga Kinerjanya

4. Periksa dahulu saat akan digunakan.

Sebelum menggunakannya kembali, periksa terlebih dahulu semua badan mesin untuk memastikan tidak ada kotoran yang tertinggal di badan mesin agar hasilnya maskimal.

Perawatan terhadap mesin trowel pada kenyataannya tidaklah sulit, hanya saja perlu ketekunan dan ketelitian agar mesin terawat dengan baik.

Harga mesin trowel yang memiliki fungsi luar biasa ini dijual dengan nilai yang tidak sedikit, di pasaran harga mesin ini yaitu sekitar 11-13 juta rupiah. Maka dari itu pemilik haruslah membersihkan dan merawatnya dengan baik agar mesin tetap terjaga dan tetap dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama.